Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian/Definisi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Temen-temen dalam kesempatan ini Insinyurmesin.com mau membagikan pengetahuan tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja(K3), karena beberapa hari yang lalu kita baru mengikuti training tentang K3 umum di salah satu Perusahaan BUMN di kota Cilegon, yuk mari baca sampai selsai semoga bermanfaat.

Pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), dapat didefinisikan menjadi tiga versi, diantaranya adalah berdasarkan pengertian k3 berdasarkan filosofi, keilmuan dan berdasarkan standar OHSAS 18001:2007. 






Berikut adalah pengertian dan definisi K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Pengertian (Definisi) K3 Menurut Filosofi (Mangkunegara)

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan jasmani maupun rohani tenaga kerja khususnya dan manusia pada umumnya serta hasil karya dan budaya menuju masyarakat adil dan makmur.

Pengertian (Definisi) K3 Menurut Keilmuan

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah semua Ilmu dan Penerapannya untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja (PAK), kebakaran, peledakan dan pencemaran lingkungan.

Pengertian (Definisi) K3 Menurut OHSAS 18001:2007

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah semua kondisi dan faktor yang dapat berdampak pada keselamatan dan kesehatan kerja tenaga kerja maupun orang lain (kontraktor, pemasok, pengunjung dan tamu) di tempat kerja.

Karena pada dasarnya K3 adalah hak yang kita harus dapatkan ketika bekerja si sebuah pabrik atau industri yang bersinggungan dengan alat alat kerja berbahaya, jelas harus di terapkan karena keluarga kita menunggu di rumah bukan.

Dan yang paling penting adalah ketika terjadi sesuatu kemungkinan terburuk pada kita saat bekerja dan kita telah mematuhi K3 yang ada, akan menjadi mudah bagi kita untuk menuntut hak kepada perusahaan tempat kita bekerja.

Bayangkan bila kita tidak memakai APD dan tidak mematuhi K3 maka bila terjadi suatu kecelakaan kerja, kita yang disini paling dirugikan, perusahaan biasanya akan menyerang balik karena kita di anggap melanggar dan tidak patuh terhadap peraturan dan buruknya perusahaan tidak akan memberi bantuan ke kita.

Ketiga versi pengertian K3 di atas adalah pengertian K3 yang umum (paling sering) digunakan di antara versi-versi pengertian K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) lainnya.
Semoga dapat menambah wawasan pembaca mengenai arti K3 dan tetap menerapkannya karena "Kita mati di pabrik mereka tinggal cari yang baru" safety first Guys.


Post a Comment for "Pengertian/Definisi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)"