Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cerdas Menjawab Pertanyaan Saat Interview (Part 2)

Kali ini kita akan bahasa kelanjutan dari tips Cara Cerdas Menjawab Pertanyaan Saat Interview (Part 1). Bagi anda yang ingin membaca bagian satu silahkan klik tautan di atas.

Kenapa Kami Harus Merekrut Anda?



Pertanyaan ini harus anda manfaatkan untuk membuat pilihan Hrd bertambah besar kepada anda, pandangan saya pada pertanyaan ini yang harus disampaikan adalah bagaimana anda meyakinkan bahwa apa yang menjadi alasan untuk diterima di perusahaan yang anda lamar adalah berdasarkan kemampuan dan kompentensi dalam diri anda cocok untuk perkembangan perusahaan anda nantinya.

Contoh:

“Pertama saya ingin menyampaikan bahwa sebenarnya banyak kandidat yang lebih kompeten dibanding diri saya, namun pada bidang pekerjaan ini, saya yakin dan percaya saya berkompeten untuk menjadi pilihan bapak/ibu.

Saya memiliki dua alasan utama mengapa bpk/ibu harus merekrut saya…

Saya telah menekuni pekerjaan ini selama z tahun, ditambah prestasi saya dalam peningkatan annual sales, dalam kondisi sulit saya membuktikan etos kerja saya. Saya ingin menjadi angin segar bagi perusahaan bapak/ibu untuk meningkatkan pencapaian penjualan pada tim sales.

Alasan kedua, pekerjaan ini sejatinya adalah passion saya, berdiskusi, berinteraksi, dan memberikan solusi atas permasalah client di lapangan adalah suatu kesenangan bagi saya. Jadi atas dua hal tersebut saya merasa saya adalah pilihan yang tepat untuk mengisi posisi yang ditawarkan oleh perusahaan bapak/ibu Hrd”.

Ya kira kira akan seperti itu jawabnya, anda harus menampilkan apa yang menjadi nilai jual anda untuk menjawab pertanyaan ini. Namun tetap upayakan jangan terlalu berbelit belit dan mengindikasikan anda orang yang angkuh meski telah banyak pengalaman.   

Berapa Gaji yang Anda Inginkan?



Pertanyaan selanjutnya adalah berapa gaji yang anda harapkan? pertanyaan ini sebenarnya adalah pertanyaan yang anda ingin jawab dengan jujur dengan nominal sesuai kata hati.. Namun di sisi lain, hal ini tidaklah mungkin kalau anda dalam situasi yang memang tidak bisa menawar, sudah lama menganggur, dan masih banyak lagi. Keberanian anda untuk menawar pasti sangatlah kecil..

Perlu diketahui gaji adalah hak yang kita dapatkan setelah kita menunaikan kewajiban kita dengan baik, yaitu dengan bekerja menurut tugas dan tanggung jawab, jumlah hari, sesuai dengan kesepakatan yang telah dispakati. 

Jadi anda sebaiknya tetap memperjuangkan hak anda untuk mendapatkan gaji dan benefit yang sesuai dan adil, sebagai bentuk penghargaan terhadap pekerjaan anda dan keberlangsungan anda bekerja di perusahaan tersebut.

Jawaban yang anda berikan harus disertai antisipasi untuk menjawabnya.. Berikut ini beberapa tips untuk menjawabnya sesuai beberapa kondisi yang akan terjadi saat pertanyaan ini di tanyakan.

1.  Riset

Anda yang telah memiliki pengalaman kerja, lebih mudah menjawab pertanyaan seperti ini, karena anda punya patokan awal untuk memberikan jawaban.

Namun kalau anda belum memiliki pengalaman kerja, anda perlu mencari tahu beberapa hal ini:

  • UMR di daerah tempat anda melamar
  • Biaya hidup anda selama sebulan
  • Gaji orang-orang yang diposisi sama dengan yang anda lamar.

Dari beberapa hal di atas, anda minimal punya dasar untuk memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut.

2.  Berikan Range

Setelah anda mempunyai angka yang anda inginkan, tetap jangan memberikan angka pasti. Berilah range atau kisaran gaji yang anda harapkan, karena dengan anda memberikan range mereka dapat menganggap anda negotiable dan masih bisa diajak berdiskusi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

3.  Kembalikan Pertanyaan Ke Interviewer

Ada baiknya anda mengembalikan pertanyaan ini ke mereka, misalnya kira kira gaji yang ditawarkan di range berapa ya?, bisa juga anda menanyakan mereka mengenai benefit lain selain gaji yang didapat.

Kira kira begitulah tips yang bisa anda pakai untuk menjawab pertanyaan tersebut, kerena secara nalar, mereka belum memutuskan apapun, namun bisa jadi mereka sedang melakukan proses screening melalui standar gaji. 

Kapan Anda Bisa Bergabung?

Untuk menjawab pertanyaan ini sebenarnya tidak ada aturan baku untuk menjawabnya, bisa disesuaikan dengan kondisi pribadi masing masing dan tergantung juga pada kebutuhan perusahaan. Untuk anda yang sedang pindah kerja dan masih bekerja sebelum pindah, ada baiknya satu bulan sebagai pilihan paling bijak karena anda perlu handover di perusahaan lama anda, namun apabila anda fresh graduate maka anda bisa menjawab dengan bergabung secepatnya.

Tetap gunakan bahasa yang menjual diri anda ketika memberikan jawaban ini, ekspresi wajah anda sangat penting ditampilkan pada perusahaan ini, tampilkan seolah anda akan diterima saat itu juga.

Ada Pertanyaan Untuk Kami?



Pertanyaan ini biasanya muncul pada sesi terakhir interview, saya dulu selalu tidak menjawab pertanyaan ini, atau saya tidak ingin tahu tentang mereka. Padahal ini penting, anda harus mempersiapkan pertanyaan ini setiap kali interview. Berikut ini beberapa pertanyaan yang bisa anda tanyakan kemereka jika anda mendapatkan pertanyaan ini.

Tanyakan Tentang Role Pekerjaan

·      Misal anda bisa bertanya tentang tugas dan tanggung jawab yang akan anda lakukan jika nanti anda bekerja untuk mereka.

  • Apasih indicator sukses di posisi ini
  • Bagaimana perusahaan melakukan riview terhadap role anda

Tanyakan Tentang Perusahaan Tersebut

  • Kira kira apa sih tantangan paling besar yang di hadapi perusahaan saat ini?
  • Apa target perusahaan tahun ini

Minta Feedback Atas Interview Anda

Mintalah feedback mengenai performa anda, ini baik untuk dilakukan, mereka akan melihat bahwa anda selalu siap menerima saran dan kritik untuk kebaikan kedepannya. Anda akan tahu kelemahan dan kekurangan anda dalam sesi interview ini, selain itu anda juga dapat sedikit clue diterima atau tidak di perusahaan mereka….

Penutup

Proses interview kebanyakan dilakukan oleh pihak HRD dari sebuah perusahaan atau bisa jadi pihak ketiga (Rekrutment Konsultan) yang di tugas kan perusahaan untuk melakukan proses seleksi calon karyawan. Mereka biasanya terdiri dari tim psikolog, yang artinya anda akan susah untuk berbohong atapun mengada ada saat memberikan jawaban atas apa yang mereka tanyakan.

Mereka bisa croscek ke perusahaan lama anda atau unversitas anda atas kebenaran informasi yang anda berikan. Jadi jangan tidak jujur dan anggap remeh proses ini, tujuan berlatih dan mempersiapkannya dengan baik adalah bukan untuk berbohong.

Tanpa Latihan dan persiapan saya yakin anda akan kesulitan menjawab pertanyaan yang selalu sama ini. Yang pasti anda hanya buang buang waktu mengikuti seleksi tanpa persiapan.

Terakhir, anda tidak perlu menghafal, sebaliknya persiapkan struktur jawaban dan buat poin-poin penting yang anda ingin sampaikan. 

Demikianlah tulisan mengenai tips dan trik menghadapi pertanyaan yang sangat sering ditanyakan oleh HRD ketika melakukan interview.

Akhir kata, semoga anda berhasil dengan interview anda, dan jangan lupa tetap berdoa kepadaNya..

Salam..

2 comments for "Cara Cerdas Menjawab Pertanyaan Saat Interview (Part 2)"

  1. Terima kasih sudah sharing pengalaman saat interviewnya bang
    semoga kami jobseeker cepat dapat kerja bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Mon, situasi memang susah, tapi ada faktorNya disini.

      Delete