Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Solar Dehydrator Rumahan

Apa itu Solar Dehydrator?

Cara mudah membuat solar dehydrator


Solar dehydrator atau mesin pengering bertenaga matahari bekerja dengan cara menyerap panas dari matahari lalu memindahkannya ke ruang pengeringan. 

Alat ini kami buat dengan tujuan untuk mengeringkan beberapa hasil panen di kebun. Bentuknya sederhana, bahan yang digunakan untuk membuatnya pun berasal dari barang bekas yang ada di sekitar.

Mengapa Pengeringan Memerlukan Alat?

Salah satu teknik pengawetan hasil panen seperti ikan, cabai, kacang, daun-daunan dan sebagainya adalah dengan cara pengeringan. Dengan mengurangi kadar air hingga di bawah 20% bahan akan menjadi lebih awet. Biasanya dapat bertahan hingga tiga bulan, enam bulan, atau bahkan satu tahun tergantung jenis bahan yang dikeringkan.

Metode pengeringan pada sinar matahari adalah metode yang banyak digunakan oleh masyarakat, karena dengan memanfaatkan energi dari matahari akan jauh lebih menghemat biaya proses pengeringan bahan dibanding menggunakan listrik atau pembakaran. Namun pengeringan langsung pada sinar matahari menjadikan bahan terpapar sinar ultraviolet, yang mana beberapa kandungan nutrisi pada bahan tertentu dapat rusak akibatnya.

Hujan yang tiba-tiba turun ketika tengah proses pengeringan langsung membuat kita harus memindahkan atau menutupnya agar tidak terkena air hujan. Tentu ini sangat merepotkan ketika kita sedang mengerjakan pekerjaan yang lain. Belum lagi angin yang setiap saat bisa saja datang dapat menerbangkan bahan yang dikeringkan di tempat terbuka, terutama bahan yang ringan seperti tepung dan daun-dunan.

Oleh karena itu dibutuhkan suatu alat yang mampu menyerap panas dari matahari namun bahan yang dikeringkan tidak terpapar sinar ultraviolet. Dengan menyerap panasnya lalu memindahkannya pada suatu ruang tertutup namun tidak vakum sehingga terlindung dari paparan sinar matahari langsung.

Lalu Bagaimana Membuat Solar Dehydrator Sendiri?

Cara mudah membuat solar dehydrator

Karena kita mengutamakan barang bekas, maka hal utama yang perlu ditanamkan adalah tidak tergesa-gesa untuk segera jadi. Perlu kesabaran untuk mengumpulkan bahan yang cocok untuk kita gunakan. Jika memiliki mesin atau alat mekanis akan sangat membantu proses pengerjaan. Jika belum punya, Anda bisa meminjamnya pada teman atau tetangga. Jika tetap tidak ada juga, Anda perlu memikirkan alat alternatif seperti pisau, golok, atau apapun yang bisa anda kreasikan.

Bahan yang kita gunakan adalah sebagai berikut:

  1. Kaleng aluminium bekas minuman
  2. Wire mesh (kawat ram) aluminium bekas parabola
  3. Potongan atap seng
  4. Kaca bening
  5. Fan blower bekas power supply
  6. Baterai (aki) soak yang diaktifkan kembali
  7. Aluminium foil
  8. Papan dan balok kayu
  9. Serta beberapa bahan lain sebagai pelengkap

  

Mesin ini terdiri dari dua bagian, yaitu kolektor panas dan ruang pengeringan. Dalam kotak kolektor panas ini terdiri dari beberapa elemen penghantar panas. Bahan yang digunakan di sini adalah kaleng aluminium bekas minuman. Sebab bentuknya yang berupa tabung dan bahannya yang mempunyai sifat hantar panas yang baik. Susunan elemen ini kemudian ditutup oleh kaca bening. Sisi bawah dan atas diberi lubang, sebagai saluran udara masuk dan keluar.

contoh cara cara mudah membuat solar dehydrator

Ruang pengeringan dibuat seperti oven, yaitu disediakan rak-rak untuk meletakkan bahan yang akan dikeringkan. Rak bahan dapat dibuat menggunakan wire mesh bekas parabola, bahan aluminium menjadikannya lebih awet dan aman untuk makanan. Sisi dalam ruangan pengeringan dilapis aluminium foil untuk meminimalisir rugi-rugi panas.

Baterai digunakan untuk menyalakan fan blower, karena diperlukan aliran udara yang bergerak dari bawah ke atas. Sebenarnya tanpa blower pun juga sudah bisa berjalan, namun akan lebih maksimal jika dibantu aliran udara tambahan.

Pada temperatur 33,8oC dengan intensitas penyinaran matahari yang kadang tertutup mendung dan aluminium foil yang belum sepenuhnya mengisolsi ruangan, alat ini mampu membuat ruang pengeringan bahan menghangat hingga temperatur 45,9oC. Temperatur yang cukup untuk mengeringkan bahan daun, seperti daun kelor.

Kesimpulan

Dengan solar dehydrator ini hasil kebun sayur dan bahan makanan atau bahan apapun yang perlu pengeringan bisa disimpan lebih lama serta dapat menghemat waktu. Misalnya lengkuas, dicacah, dikeringkan, lalu dihaluskan maka akan menjadi lengkuas bubuk. Lengkuas bubuk akan menjadi lebih praktis untuk memasak daripada menggunakan cara konvensional.

 

Post a Comment for "Cara Mudah Membuat Solar Dehydrator Rumahan "