Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Agar Baterai Hp Lebih Tahan Lama dan Sehat

8 Cara Agar Baterai Hp Lebih Tahan Lama dan Sehat


Telepon genggam atau lebih dikenal dengan handphone merupakan barang yang sangat penting untuk kegiatan sehari hari. Sepertinya satu hari tanpa handphone membuat hari menjadi membosankan. Selain untuk berkomunikasi dengan keluarga atau kerabat, handphone juga memiliki fungsi untuk menjadi penunjuk jalan, alat bertransaksi dan mengabadikan sesuatu. 

Sering terjadi, saat ditengah tengah kegiatan ada peringatan bahwa baterai sudah mau habis. Padahal baru saja dicharger 1 jam yang lalu. Hal itu menandakan bahwa baterai sudah mulai rusak alias harus diganti. Sesungguhnya ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar baterai handphonemu lebih awet. Berikut caranya:

1. Matikan Bluetooth dan GPS

Sering terjadi kita lupa mematikan Bluetooth sehabis digunakan baik untuk speaker atau untuk mengirim file ke antar handphone. Kalau dihubungkan dengan menguras baterai, memang penggunakan Bluetooth membuat handphone kita jadi lebih boros maka dari itu sehabis digunakan lebih baik dimatikan. 

Sama halnya dengan GPS, ketika kita sudah selesai menggunakan untuk mengarahkan ketempat tujuan, lebih baik dimatikan saja karna hal tersebut dapat menguras baterai handphone kamu.

2. Mengupdate System Operasi

Setiap handphone kamu mendapatkan notifikasi untuk mengupdate ke versi terbaru, sebaiknya kamu lakukan. Hal tersebut pastinya dilakukan agar handphone kamu lebih bagus dalam sistem operasinya, jadi jangan ditunda ya.

3. Hindari Tempat yang Susah Sinyal

Ketika handphone kamu tidak mendapatkan sinyal, otomatis handphone kamu akan mencari cari bagaimana agar mendapat sinyal, hal tersebut membuat handphone kamu bekerja lebih cepat sehingga handphone kamu akan lebih panas dan boros baterai. Sebaiknya kamu aktifkan saja mode pesawat agar handphone kamu tidak perlu usaha ekstra mencari cari sinyal.

4. Nyalakan Mode Hemat Baterai

Sekarang setiap handphone memberikan sistem hemat baterai. Hal ini dapat membuat baterai handphone kamu lebih hemat loh. Kamu cukup menyalakan fitur ini, otomatis baterai handphone kamu akan lebih hemat.

5. Menurunkan Pencahayaan

Memang hal ini jarang disadari tapi kamu perlu tahu bahwa pencahayaan HP kamu itu bikin boros baterai loh. Maka dari itu turunkan pencahayaan handphonemu agar lebih menghemat baterai. Untuk pengguna android cukup swipe kebawah nanti ada pengaturan cahaya sedangkan pengguna iphone di swipe ke atas.

6. Jangan Terlalu Banyak Memiliki Aplikasi

Semakin banyak aplikasi yang ada di Handphone kamu, semakin cepat baterai handphone kamu terkuras. Walaupun kamu tidak menggunakan semua aplikasi, aplikasi yang ada dihandphone kamu tetep berjalan ya. Karena setiap aplikasi akan selalu update notifikasi maupun lokasi hal ini yang membuat baterai kamu jadi boros.

7. Jangan Gunakan Handphone Saat di Charger

Banyak sekali orang orang yang meremehkan hal ini, padahal hal ini dapat membuat baterai handphone kamu jadi rusak dan kurang performanya. 

8. Gunakan Charger Handphone Original

Memang harga charger original lebih mahal tetapi charger yang ori dapat membuat umur bateraimu lebih awet loh.

Semoga informasi diatas bisa membantu, sekiranya baterai mu sudah parah sekali, lebih baik diganti ya sobat.

Post a Comment for "8 Cara Agar Baterai Hp Lebih Tahan Lama dan Sehat"