Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Agar Terhindar dari Handphone KW atau Palsu


Handphone menjadi salah satu barang yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang, tak heran jika produk handphone sangat banyak dipasaran. Banyak brand handphone berlomba lomba memberikan fitur-fitur yang semakin keren agar dapat menarik perhatian. Tapi kamu tau ga sih, dengan banyaknya jumlah dan jenis handphone yang ada di pasaran, ada saja oknum tidak bertanggung jawab yang menjual handphone tidak asli alias KW. 

Dengan hal ini, kamu harus teliti dalam membeli handphone. Berikut beberapa tips agar terhindar dari handphone KW atau palsu:

1. Jangan tergiur dengan Harga Murahan

Ini menjadi salah satu hal yang penting tapi disepelekan. Harapan mendapatkan harga lebih murah malah dapet yang KW atau palsu. Jangan tergiur dengan harga HP yang jauh dari harga pasaran, mana mungkin dengan HP yang sama tetapi harganya bisa jauh lebih murah dari pasaran. Hal ini patut kamu curigai.

2. Beli Ditempat yang Terpercaya

Sekarang banyak toko handphone yang terjamin keasliannya atau bisa dibilang authorized. Memang sih harganya lebih mahal tapi terjamin keasliannya. Ada beberapa toko handphone yang menjual dengan cara di packaging ulang, HP Ori sih tapi second. Kamu perlu berhati hati juga ya. 

Jikalau kamu membelinya secara online, kamu harus memastikan bahwa review toko tersebut bagus dan memberikan garansi.

3. Packaging

Saat membeli handphone baru pastikan box hp yang kamu beli masih dikemas dengan rapih alias baru dan bersegel. HP yang palsu pastinya dikemas denga asal asalan, alias yang penting jadi. 

Kamu harus memperhatikannya secara detail, dari plastik kemasannya, boxnya, sampai dengan barcodenya.

4. Check Nomor IMEI

Setiap handphone pastik memiliki nomor IMEI tersendiri. Maka dari itu saat kamu membeli handphone, jangan lupa untuk mengecheck nomor IMEI degan cara menekan tombol *#06#. Nanti akan keluar nomor IMEI handphonemu. Jika sudah muncul, bisa kamu cocokan. Jika kamu masih belum yakin, bisa dicheck langsung ke situs imei.info.

5. Check Fisik dan Charger

Jika poin 1-3 sudah kamu lakukan, kamu juga perlu check keadaan fisik handphone yang kamu beli. Karna bisa terlihat dengan jelas kualitas handphone asli dengan palsu, baik itu dari bahan, tombol maupun layarnya. Selain itu kamu juga perlu check komponen lain seperti charger/buku petunjuk. 

Charger yang asli dan palsu itu bisa terlihat loh, kamu bisa check dari colokannya, kalau colokannya longgar bisa jadi itu palsu. Sedangkan buku petunjuk, buku petunjuk itu menyesuaikan kepada target pasar, biasanya kalau untuk orang Indonesia berbahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Kalau Bahasa Indonesia tidak tersedia tapi negara lain tersedia, hal itu patut kamu curigai ya.

Itulah 5 poin tips agar terhindar dari handphone KW atau palsu. Jika kamu membeli handphone secara online, sebaiknya kamu videokan saat membuka boxnya, hal itu dilakukan untuk mencegah apablia ada kecacatan pada handphone. Selagi ada bukti kamu bisa loh minta ditukar atau diganti. Semoga bermanfaat ya.


Post a Comment for "Tips Agar Terhindar dari Handphone KW atau Palsu"