Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menghemat Listrik Paling Jitu

tips menghemat listrik


Listrik jadi salah satu biaya yang selalu dikeluarkan setiap bulan. Selama pandemi pastinya banyak dari kalian lebih lama berada di dalam rumah. Tidak sedikit pula dari kalian yang merasa biaya listriknya bertambah selalu pandemi ini.

Apakah ada sebesit pemikiran untuk melakukan penghematan listrik? Tak lain untuk menyelamatkan kantong. Aku akan memberikan beberapa tips cara penghematan listrik versi mimin. Aku sudah menerapkannya, dan berhasil. Mungkin kalian perlu melakukan hal yang sama. Berikut beberapa tipsnya:

1. Mengganti Lampu ke LED

Perlu kamu ketahui lampu LED lebih tahan lama dan lebih hemat. Selain itu lampu LED memiliki lumen yang tinggi untuk watt yang kecil. Lumen itu apa sih? Lumen adalah jumlah cahaya yang dipancarkan lampu. Aku kasih contoh ya, untuk lampu LED 15watt memiliki lumen 1400, sedangan lampu biasa CFL 18watt memiliki lumen 920. Bisa terlihat ya? Langsung ganti lampu rumah kamu pake LED.

2. Nyalakan Lampu pada Waktunya

Jangan biarkan lampu di rumahmu nyala 24 jam. Kamu bisa memberi waktu, misalnya lampu kamar menyala ketika sore menuju pagi atau terlihat gelap. Lampu luar rumah kamu nyalakan ketika sudah mulai gelap. Biasakan hal itu karena bisa menghemat listrik.

3. Memberi Waktu Penggunaan AC

Sadar ga sih kalau kamu itu bisa make ac 2/3 hari dalam 1 hari? Aku kasih contoh ya, misalnya dari jam 11.00-15.30 kamu nyalain, lalu kamu nyalain lagi jam 18.00-6.00 ini saja sudah 16 jam lebih loh. Coba diatur pola penggunaan ACnya karna tanpa kamu sadari AC bisa jadi salah satu penyebab biaya listrik kamu naik. Syukur kalau ACnya cuman 1, kalau 2 atau 3 gimana?

4. Mengganti AC Biasa dengan AC Inverter

Hayoo aku yakin kalian baru tau kalau ada yang namanya AC inverter. Nah aku jelasin ya, AC Inverter ini adalah menggunakan teknologi yang lebih canggih sehingga bisa super hemat listrik dan ramah lingkungan. Memang AC Inverter ini lebih mahal dibandingkan dengan AC biasa, tapi kalau bisa lebih menghemat kenapa engga?

5. Membeli Barang Elektronik Low Watt

Sekarang sudah banyak produk produk yang mengarah kepada penghematan listrik dan ramah lingkungan. Kalian bisa membeli barang elektronik yang memiliki Low Watt. Seperti Contohnya AC Inverter, Kulkas Inverter, Oven maupun Microwave Low Watt. Hal ini bisa membantu dalam penghematan listrik.

Bagaimana? Apakah sudah tergerak untuk menghemat listrik? 

Post a Comment for "Tips Menghemat Listrik Paling Jitu"