Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Simak Cara Menghitung Garasi Rumah yang Ideal

 

Cara Menghitung Garasi Rumah yang Ideal

Seperti yang sudah Anda ketahui, garasi adalah bagian dari rumah yang berfungsi sebagai tempat menaruh kendaraan Anda terutama mobil. Karena ukuran mobil cukup beragam, maka penentuan ukuran garasi pun harus disesuaikan dengan mobil yang Anda miliki.

Kesesuaian antara ukuran mobil dan desain garasi rumah harus dipikirkan supaya penghuni rumah dapat dengan nyaman memarkir mobilnya. Selain itu, ukuran mobil dan garasi yang sesuai dapat membuat penghuni rumah dapat keluar dari rumah dan masuk ke dalam rumah menggunakan mobilnya dengan rumah.

Desain garasi rumah yang terlalu kecil atau terlalu mepet, akan lebih berpotensi terjadinya tabrakan atau gesekan antara tembok garasi dengan badan mobil. Tentunya sangat menyebalkan apabila mobil kita penyok atau tergores hanya gara-gara desain garasi rumah yang terlalu kecil.

Selain itu, desain garasi rumah yang terlalu kecil juga akan menyulit penghuni rumah terutama sang sopir untuk masuk dan keluar dari mobil. Saat ini banyak sekali jenis mobil yang ada dengan berbagai merek dan ukuran. Secara umum, mobil berdasarkan ukurannya dibagi menjadi berikut ini.

1. Mobil Berukuran Kecil

Mobil jenis ini biasanya hanya ditujukan untuk empat penumpang dan berbentuk hatchback. Mobil hatchback tidak mempunyai tempat bagasi di belakang tetapi ruang penyimpanan barang ditaruh di dalam kabin yaitu di belakang kursi penumpang. Oleh karena itu, biasanya ukuran panjang mobil ini relatif lebih pendek dari pada mobil pada umumnya. Beberapa contoh mobil berukuran kecil yaitu Toyota Agya, Daihatsu Ayla, dan Honda Brio.

2. Mobil Berukuran Sedang

Mobil jenis ini sudah bisa menampung tujuh orang penumpang dengan tiga lajur kursi, sehingga mobil ini biasa disebut sebagai seven-seater atau family car. Walaupun mobil jenis ini juga tidak memiliki ekor (ruang bagasi di belakang) tapi secara ukuran mobil ini lebih besar dari mobil jenis sebelumnya. Contoh mobil jenis seven-seater yang banyak digunakan orang saat ini adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

3. Mobil Berukuran Besar

Diluar kedua jenis mobil diatas, maka yang terakhir adalah mobil berukuran besar. Mobil ini bisa saja menampung hanya tujuh orang saja layaknya mobil seven-seater. Tetapi, mobil yang tergolong berukuran besar ini biasanya memiliki tempat duduk penumpang yang lebih luas daripada seven-seater. Mobil ini juga memiliki ruang bagasi di belakangnya. Beberapa contoh mobil berukuran besar ini yaitu Toyota Innova, Mitsubishi Pajero, dan Daihatsu Terios.

Berdasarkan tiga kategori mobil tadi, maka Anda harus terlebih dahulu menentukan jenis mobil yang Anda miliki termasuk kategori jenis mobil yang mana. Setelah Anda mengetahui kategori mobil Anda, maka Anda dapat mengukur ukuran garasi yang tepat untuk mobil Anda.

Berikut ini adalah salah satu contoh cara menentukan luas garasi untuk mobil ukuran sedang, misalkan Toyota Avanza.

Ukuran mobil Toyota Avanza berdasarkan dimensi panjang, lebar, dan tingginya adalah 4,19 meter×1,66 meter×1,7 meter. Pada brosur, ukuran mobil biasa dalam milimeter (mm), tetapi untuk memudahkan perhitungan maka kita gunakan satuan meter.

Sekarang kita perhatikan dulu untuk lebarnya yaitu 1,66 meter. Untuk lebar garasinya, berarti kita memerlukan space kecil untuk membuka pintu mobil. Oleh karena itu, setidaknya di kiri dan kanan mobil ada ruang sekitar 50 cm (0,5 meter), sehingga lebar garasi yang diperlukan adalah 1,66 meter+(2×0,5 meter)=2,66 meter.

Untuk mengukur panjang garasi juga hampir sama dengan mengukur lebar garasi. Anda akan memerlukan space kosong minimal 0,5 meter di bagian depan mobil dan 0,5 meter di bagian belakangnya.

Space kosong di depan dan di belakang mobil ini tentunya memiliki fungsi yang berbeda dengan space di samping mobil yang gunanya sebagai ruang untuk membuka pintu mobil.

Space di depan dan belakang mobil ini tujuannya lebih mengarah kepada hal keamanan. Jika ada space di depan dan belakang mobil yang memadai, maka diharapkan saat memasukkan dan mengeluarkan mobil dari garasi, mobil dapat terhindar dari kemungkinan menabrak.

Selain itu juga, space kosong di depan mobil juga berguna apabila pemilik mobil hendak memeriksa mesin mobil yang ada di dalam kap depan mobil. Dari penjelasan ini, maka kita dapat mengetahui bahwa untuk panjang garasi mobil Toyota Avanza idealnya sepanjang 4,19 meter+(2×0,5 meter)=5,19 meter.

Perhitungan ini pun bukanlah merupakan perhitungan baku yang harus Anda ikuti. Kenyataannya, ukuran garasi ini bisa disesuaikan dengan keadaan lahan garasi Anda tersebut. 

Secara mudahnya, ukuran garasi untuk mobil Toyota Avanza minimal panjangnya 5 meter dengan lebarnya minimal 2,5 meter. Jika ada lahan yang berlebih, Anda dapat membuat garasi yang panjangnya 5,5 meter dengan lebarnya 3 meter.

Hal yang sama dapat Anda terapkan juga dalam menentukan luas garasi untuk mobil yang masuk dalam kategori ketiga. Mobil kategori ketiga ini merupakan mobil yang berukuran besar, misalnya seperti Toyota Innova.

Dimensi panjang, lebar, dan tinggi dari Toyota Innova adalah 4,7 meter×1,83 meter×1,8 meter. Dengan cara perhitungan yang sama, maka secara mudahnya Anda memerlukan tambahan 1 meter (2×0,5 meter) di sebelah kiri, kanan, depan dan belakang mobil.

Jadi dapat disimpulkan bahwa untuk Toyota Innova, panjang garasi yang diperlukan adalah sekitar 5,7 meter hingga 6 meter, dengan lebar garasinya sekitar 2,83 meter hingga 3 meter.

Selain panjang dan lebar garasi, desain garasi rumah juga harus dipikirkan ketinggiannya. Sebenarnya, tidak ada batasan tertentu untuk ketinggian garasi. Hanya saja, Anda perlu mempertimbangkan agar jangan sampai garasinya terlalu rendah atau mepet dengan ketinggian mobil.

Jika garasi terlalu rendah, maka desain garasi rumah Anda akan memberikan kesan sumpek. Selain sumpek, garasi yang terlalu rendah akan menyulitkan anggota keluarga pada saat hendak membersihkan bagian atas mobil. 

Selain ukuran luas garasi, hal lain yang juga harus dipertimbangkan adalah lantai garasi. Desain garasi rumah yang baik adalah desain garasi yang tidak menggunakan keramik yang licin sebagai material flooring-nya. Keramik yang licin dapat berpotensi mengakibatkan selip pada ban mobil.

Selain itu, ketinggian garasi dari permukaan jalan juga harus diperhatikan. Garasi yang terlalu tinggi bisa berakibat bagian bawah mobil bergesekan dengan lantai pada saat mobil keluar masuk rumah.

Dengan Anda mengingat perhitungan dan pemilihan material yang tepat untuk garasi Anda, maka Anda sudah membuat garasi yang nyaman dan aman bagi mobil kesayangan Anda. Oleh karena itu, bijaklah dalam membuat desain garasi rumah.

Post a Comment for "Simak Cara Menghitung Garasi Rumah yang Ideal"