Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Buku Tentang Stoikisme yang Bagus Untuk Kamu Baca

 

Stoicisme adalah filsafat Yunani yang muncul sekitar awal abad ke-3 SM dan didirikan oleh Zeno dari Citium. Stoicisme sebagai falsafah hidup mengandung banyak ajaran untuk membantu orang menjalani tantangan hidup yang menyakitkan ini.

Dari ajaran-ajaran ini, William B. Irvine mengatakan bahwa ajaran Stoic yang paling berguna dalam kehidupan sehari-hari adalah premeditatio malorum (pencegahan kejahatan), suatu kegiatan di mana kami Mencoba membayangkan hal-hal buruk terjadi pada Anda. Sebagai seseorang yang menganggap ketenangan/kedamaian (ataraxia) sebagai salah satu tujuan hidup, kaum Stoa percaya bahwa premeditatio malorum adalah salah satu teknik penting untuk mencapai tujuan ini.

Stoicisme atau Stoicisme juga mengajarkan tentang tanggung jawab pribadi dalam kehidupan seseorang. Alih-alih mencari kesenangan dan menghindari rasa sakit, Stoa lebih suka menikmati setiap momen kehidupan. Tidak heran mereka mampu bertahan bahkan di masa-masa sulit seperti sekarang.

Penganut Stoikisme biasa disebut sebagai Stoik. Stoik ini memliki tujuan agar memiliki jiwa yang lebih tenang dalam menghadapi segara hal yang ada diluar darinya. Jadi, penganut stoik adalah mereka yang paham bahwa mereka bisa mengontrol perasaan atau emosi mereka sendiri terhadap suatu situasi, tetapi berada di dalam kontrol.

Cara mereka dalam mempraktikkan ilmu stoikisme dalam kehidupan sehari-hari adalah yang pertama fokus pada sesuatu yang bisa dilakukan. Kedua, menjaga waktu, stoik memahami bahwa waktu adalah aset terbesar mereka dan mereka harus berusaha untuk tidak menyia-nyiakannya sedikit mungkin. Ketiga adalah membuang ego dan kesombongan. Terakhir, membayangkan hal terburuk yang bisa terjadi, ini penting karena pemikiran tersebut membuat kita berlatih akan sebuah kegagalan dan bisa menghasilkan keberhasilan.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Stoikisme, anda perlu membaca beberapa buku – buku yang bersangkutan. Berikut adalah 5 rekomendasi buku tentang stoikisme yang bisa kamu baca sebagai media pengetahuan lebih luas tentang stoikisme.

1. The Little Book of Stoicism: Timeless Wisdom to Gain Resilience, Confidence, and Calmness – Jonas Salzgeber

Buku yang ditulis oleh Jonas Salzgeber, memaparkan perpaduan antara kebijaksanaan yang abadi dan nasihat yang memberdayakan. Buku ini akan menunjukkan jalan kepada siapapun yang mencari kehidupan yang tenang dan bijaksana disaat dunia sedang kacau balau.

Buku yang mengkaji perpaduan yang menarik, menunjukkan kepada pembaca bagaimana menangani emosi negatif pembaca secara lebih efektif tentang apa pun tentu saja memberikan kehidupan yang sesuai dengan diri pembaca yang terbaik.

2. Daily Stoic: A Daily Journal On Meditation, Stoicism, Wisdom and Philosophy to Improve Your Life – Ryan Holiday

Buku ini ditulis oleh Ryan Holiday, dengan menyajikan quotes dan konsep dari stoikisme agar bisa dicerna per hari, buku ini juga telah menjadi semacam panduan yang mengenalkan filsafat stoikisme sebagai filsafat yang benar – benar bisa langsung diterapkan.  

Buku ini juga berisikan tentang banyak kutipan Marcus Aurelius, Seneca, Epictetus, dan banyak lagi, nasihat Stoic yang tercakup dalam buku ini. Mulai dari masalah pribadi, hingga hubungan interpersonal, hingga nasihat tentang pekerjaan dan produktivitas, hingga berurusan dengan tangan takdir juga dipaparkan dalam buku ini.

3.  Letter form A Stoic – Seneca

Merupakan buku yang awalnya ditulis oleh Lucius Annaes Seneca atau dikenal dengan Seneca. Buku ini berikan tentang cara-cara hidup yang ideal dari seorang penganut stoikisme.

Menurut salah satu reviewnya, buku ini memberikan saran – saran tentang hidup yang sederhana. Dalam hal ini, minimalisme adalah bagian dari nilai yang diajarkan di dalam stoikisme.

Juga, buku ini mengembangkan tentang perihal diri sehingga efek dari peristiwa- peristiwa di luar kendali seseorang tidak begitu mempengaruhi emosi secara negatif.

Seneca menekankan tentang prinsip – prinsip pertemanan yang baik itu seperti apa dan bagaimana menjadi teman yang baik bagi orang lain.

4. A Guide to The Good Life: The Ancient Art of Stoic Joy – Wiliian B. Irvine

Berisikan tentang ide bahwa filsafat stoikisme yang berusia 2000-an tahun masih relevan untuk saat ini.

Menceritakan pengalaman pribadi dari Willian B. Irvine yang menerapkan filsafat stoikisme. Menyatakan bahwa stoikisme dapat membantu kita dalam menjalani hidup dengan baik.

Juga, memaparkan tentang kita dapat menjadi pengamat bagi pikiran-[pikiran kita sendiri, dan dengan mengamati pikiran-pikiran ini, kita akan menemukan penyebab dari segala kecemasan dan berbagai emosi negatif. Lalu, dari situlah kita dapat menuju emosi yang lebih sehat.

5. How to be Stoic - Massimo Pigluicci

Bayangkan betapa mudahnya hidup ini jika kita bisa belajar menganggap semua hal buruk yang terjadi pada kita sebagai tindakan alam. Untuk tetap tenang dalam panasnya pertengkaran. Untuk tidak menghindar dari tantangan, atau membiarkan ego kita menguasai diri kita.

Sepanjang sejarah, kaisar Romawi, tawanan perang, pengusaha, dan banyak lainnya telah menjalani hidup dengan semacam kemantapan—perspektif yang tak tergoyahkan. Kesamaan di antara mereka adalah praktik rajin dari filsafat kuno yang dikenal sebagai Stoikisme.

Dalam buku karya Massimo Pigluicci, pembaca diberikan uraian yang jelas, ringkas, dan kreatif tentang bagaimana menjadi diri mereka yang terbaik. Diselenggarakan sebagai diskusi antara penulis dan filsuf besar Stoic Epictetus, Buku ini menghibur sambil mendidik, mencakup segala hal mulai dari cara mengendalikan keinginan kita, hingga mengatasi ketakutan dan kecemasan yang melumpuhkan masyarakat saat ini.

Demikianlah 5 buku tentang stoikisme yang bisa anda baca.

Selamat Membaca !

Post a Comment for "5 Buku Tentang Stoikisme yang Bagus Untuk Kamu Baca"