Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Algoritma? Berikut Algoritma TikTok dan Instagram

Bagi para pengguna media sosial pastinya sangat akrab dengan dua aplikasi media sosial yang sedang populer sejak beberapa tahun lalu yaitu TikTok dan Instagram. Adanya media sosial ini memunculkan profesi baru yaitu sebagai seleb TikTok, seleb Instagram dan sebagainya. Apakah kamu berminat menjalani profesi tersebut? Jika iya maka harus mengetahui algoritmanya. Kamu pun bisa menyimak pembahasan kali ini mengenai apa itu algoritma? Berikut algoritma TikTok dan Instagram.

Apa itu Algoritma?

Mungkin dari kamu ada yang belum mengetahui apa itu algoritma. Jadi, poin pertama kita pada pembahasan apa itu algoritma? Berikut algoritma TikTok dan Instagram adalah penjelasan mengenai algoritma.

Algoritma sendiri merupakan serangkaian aturan atau suatu proses yang wajib diikuti dalam suatu perhitungan atau operasi pemecahan. Atau dengan kata lain, algoritma adalah proses yang diurutkan berdasarkan dari suatu sistematika yang dimanfaatkan untuk memecahkan suatu masalah.

Algoritma TikTok


Beberapa tahun belakangan ini TikTok memang sangat digemari dan memunculkan berbagai video viral serta menarik di TikTok. Banyak pengguna TikTok yang ingin viral dan mau mengetahui bagaimana sih algoritma TikTok ini.

TikTok sendiri termasuk sebagai aplikasi dengan jumlah download sangat tinggi di Google Play Store. Maka dari itulah tak heran aplikasi TikTok berkembang sangat pesat, yang tadinya merupakan aplikasi biasa yang tidak terlalu diminati namun beberapa tahun kemudian langsung melesat cepat dan telah di-download oleh puluhan juta pengguna.

Persebaran Konten di TikTok

Aplikasi TikTok memiliki suatu laman yang bernama FYP atau For You Page, ini merupakan suatu tampilan awal dari aplikasi yang menampilkan berbagai konten yang ada di TikTok. Di FYP para pengguna bisa melihat berbagai konten menarik yang dibuat oleh orang lain. Konten-konten tersebut berasal dari akun yang kamu follow ataupun tidak di-follow.

Pada saat kamu mengunggah video di TikTok, maka video tersebut juga kana diedarkan ke audiens lain dan performa dari konten tersebut bisa dilihat. Jika sebagian kecil audiens menyukai konten video itu maka konten pun nantinya akan diedarkan ke audiens lain yang lebih luas. Jadi, dapat dikatakan bahwa konten akan viral jika muncul di FYP banyak pengguna.

Apa saja Faktor yang Mempengaruhi?

Bedanya TikTok dengan Instagram yaitu, konten yang ditampilkan di TikTok ditampilkan sesuai dengan preferensi dari perngguna. Algoritma TikTok juga membuat tampilan FYP berbeda-beda. Sebagai contoh, pengguna yang menyukai konten makanan maka kemungkinan besar akan diberikan konten berupa makanan juga.

Ada beberapa hal yang menjadi pengaruh dari FYP setiap pengguna TikTok berbeda-beda, antara lain sebagai berikut:

  • Interaksi Pengguna: konten apa saja yang paling sering dilihat, ditonton, di-like atau diberi komentar.
  • Informasi pada Konten: caption dan hashtag yang ada di video.
  • Device dan Setting Setiap Akun: bahasa, jenis perangkat apa yang digunakan, dan lokasi tinggal.

Konten video yang ditonton hingga selesai baik itu durasinya pendek atau panjang tentunya dianggap lebih menarik.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Ada banyak faktor yang mempengaruhi algoritma TikTok, namun beberapa hal yang wajib diperhatikan agar konten video kamu viral yaitu:

  • Lengkapi video dengan caption, hashtag, dan lokasi.
  • Gunakan efek audio yang menarik dan sedang populer.
  • Buatlah konten yang menarik

Algoritma Instagram


Instagram menggunakan AI atau Artificial Intelligence untuk membuat dan mengoperasikan algoritmanya. Algoritma Instagram juga akan terus mengalami perkembangan serta perubahan karena berbagai data baru diterima dan diproses.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi algoritma Instagram, antara lain sebagai berikut:

  • Hubungan dengan akun Instagram
  • Interest audiens
  • Durasi melihat konten
  • Ketepatan waktu posting

Cara Kerja Algoritma Instagram Terbaru

Poin terakhir dalam pembahasan apa itu algoritma? Berikut algoritma TikTok dan Instagram yaitu cara kerja dari algoritma Instagram, berikut penjelasannya:

1. Algoritma Instagram Feed

Ada 4 faktor yang mempengaruhi, seperti:

  • Informasi konten
  • Informasi isi konten
  • Aktivasi kamu
  • Interaksi kamu sebelumnya

2. Algoritma Instagram Story

Konten Instagram Story yang muncul pertama adalah yang paling sering berinteraksi dengan kamu.

3. Algoritma Instagram Reels

Konten yang lucu, entertaining, dan menarik akan lebih banyak direkomendasikan karena banyak audiens yang menyukainya.

4. Algoritma Instagram Explore Page

Ada 4 hal yang menjadikan konten layak ada di halaman explore Instagram, antara lain yaitu:

  • Seberapa cepat audiens menyukai konten
  • Interaksimu dengan orang yang mengunggah konten
  • History aktivitas
  • Keyword dan juga hashtag di search

Kini kamu sudah mengetahui apa itu algoritma? Berikut algoritma TikTok dan Instagram. Dengan melihat penjelasan di atas maka kamu bisa lebih memahami tentang kedua aplikasi media sosial populer tersebut.

Demikian pembahasan apa itu algoritma? Berikut algoritma TikTok dan Instagram kali ini, semoga bermanfaat untuk kamu ya!

Post a Comment for "Apa itu Algoritma? Berikut Algoritma TikTok dan Instagram"