Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal-hal yang Harus Diperhatikan untuk Membuat CVmu Bagus!

Langkah awal yang harus kita lakukan pada saat melamar kerja di perusahaan impian tentunya dengan menyertakan CV (curriculum vitae). CV ini sangatlah penting karena menjadi pertimbangan awal apakah pihak HRD perusahaan tertarik dengan kamu atau tidak. Dengan adanya CV ini juga memudahkan HRD untuk melakukan evaluasi dan bisa mengetahui kompetensi apa saja yang dimiliki oleh para pelamar kerja.

Pembuatan CV juga tidak boleh asal, karena jika kamu asal-asalan dalam membuat CV pastinya hasil yang didapatkan juga tidak maksimal. Ingin CVmu bagus? Simak pembahasan mengenai hal-hal yang harus diperhatikan untuk membuat CVmu bagus di sini ya.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan untuk Membuat CVmu Bagus

Ada berbagai hal yang perlu kamu perhatikan dalam pembuatan CV untuk mendapatkan hasil yang maksimal, antara lain sebagai berikut ini:

1. Pahamilah Isi CV

Poin pertama ini sangat penting untuk diketahui apalagi bagi para fresh graduate yang belum mengetahui bagaimana cara membuat CV yang bagus dan menarik. Kamu harus memahami poin apa saja yang wajib disertakan di CV.

Beberapa poinnya sendiri antara lain:

  • Identitas diri
  • Riwayat pendidikan
  • Personalitas
  • Keterampilan
  • Proyek atau pengalaman kerja
  • Pelatihan/ training
  • Informasi lain tentang dirimu

Tuliskanlah poin-poin tersebut dengan singkat, padat, dan jelas sehingga HRD akan lebih nyaman membacanya.

2. Desain CV yang Simple dan Menarik

CV yang memiliki desain simple dan menarik pastinya memiliki nilai lebih di mata HRD. Kamu bisa menambahkan penekanan pada angka, huruf, atau kata tertentu di CV dengan pemakaian bold, italic, dan juga capslock. Gunakan juga font modern, desain CV sebaiknya eye catching namun tak meninggalkan kesan simple.

Jika kamu masih bingung mengenai desain CV, cobalah menggunakan aplikasi pembuat CV gratis.

3. Cantumkan Informasi Pengalaman Kerja

Jika kamu sebelumnya pernah memiliki pengalaman kerja maka jangan ragu untuk menyertakannya di CV. Sebaiknya cantumkan pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar, dengan demikian HRD pun akan lebih mudah dalam mengukur kapasitasmu.

4. Cantumkan Kontak Referensi

Hal-hal yang harus diperhatikan untuk membuat CVmu bagus yang selanjutnya adalah mencantumkan kontak referensi. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan informasi penting dari pihak ketiga yang berkaitan dengan pekerjaan Anda nantinya.

Pastikan kamu meminta izin terlebih dahulu ke pihak terkait sebelum mencantumkan kontak referensi.

5. Menguasai Bahasa Asing adalah Nilai Plus

Zaman sekarang ini banyak perusahaan yang menginginkan para pegawainya untuk menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Mandarin, Jerman, dan lain sebagainya. Jika kamu memiliki kemampuan bahasa asing cobalah untuk menyertakannya di CV atau bahkan menulis CV dengan bahasa asing yang baik dan benar.

6. Tambahkan Informasi Sosial Media

Kalau kamu memiliki beberapa media sosial maka bisa disertakan di CV ya, misalnya saja LinkedIn, Twitter, Facebook, ataupun Instagram. Jangan lupa buatlah halaman media sosial kamu jadi lebih menarik sehingga HRD dapat menilai bagaimana kepribadian kamu melalui media sosial.

Cobalah cek media sosial kamu apakah ada posting-an yang mengandung SARA, karena posting-an yang buruk juga akan sangat mempengaruhi apakah kamu diterima di perusahaan tersebut atau tidak.

7. Cantumkan Soft Skill yang Kamu Punya

Hard skill dan soft skill adalah kemampuan yang berbeda. Yang mana hard skill adalah kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan suatu pekerjaan, hard skill ini menjadi syarat utama dan biasanya tertulis di persyaratan lowongan pekrjaan. Sedangkan untuk soft skill merupakan kepribadian seseorang, kemampuan komunikasi, dan juga atribut personal yang dibutuhkan sehingga bisa sukses dalam menjalankan pekerjaan.

Perlihatkan soft skill yang kamu miliki di CV karena bisa memberikan nilai tambah untukmu. Dengan adanya soft skill ini maka dapat memperlihatkan bagaimana kemampuan kamu berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Contoh soft skill adalah memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, team work, kritis, negosiasi, dan lain sebagainya.

Mencantumkan hard skill memang suatu kewajiban yang harus ada di CV, namun soft skill juga tak kalah pentingnya.

8. Buat CV Secara Online

Dan hal-hal yang harus diperhatikan untuk membuat CVmu bagus yang terakhir adalah membuat CV secara online. Sekarang ini ada banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat CV secara online sehingga CV bisa dibuat lebih mudah dan pastinya menarik. Ada aplikasi pembuat CV yang berbayar dan gratis, namun untuk tema-tema CV yang lebih menarik dan beragam, maka kamu bisa mencoba aplikasi yang berbayar.

Aplikasinya sendiri seperti CV Maker, Canva, BikinCV, dan lain sebagainya.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan untuk membuat CVmu bagus, terapkan poin-poin di atas dan jangan lupa berikan informasi yang selengkap mungkin mengenai dirimu di CV tersebut.

Post a Comment for "Hal-hal yang Harus Diperhatikan untuk Membuat CVmu Bagus!"