Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertanyaan ini Paling Sering Ditanyakan Saat Interview Kerja

Apakah kamu seorang fresh graduate yang sekarang ini sedang mencari pekerjaan? Jika iya maka pembahasan ini cocok banget untuk kamu. Dalam alur penerimaan kerja, interview atau wawancara kerja adalah hal yang sangat penting. Bagaimana tidak, di sesi interview inilah akan ditentukan apakah kamu lolos atau tidak bekerja di perusahaan yang diinginkan.

Memang ada beberapa tahapan yang harus kita lalui pada saat melamar pekerjaan hingga bisa diterima di perusahaan. Mulai dari pengiriman CV, wawancara kerja (interview), medical check up, dan lain sebagainya.

Pada saat interview kerja ada banyak sekali pertanyaan yang harus kamu jawab dengan sebaik mungkin. Di antara banyaknya pertanyaan, ada beberapa yang paling sering diajukan.

Pertanyaan ini Paling Sering Ditanyakan Saat Interview Kerja

Pada saat interview kerja ada banyak sekali pertanyaan yang harus kamu jawab dengan sebaik mungkin. Di antara banyaknya pertanyaan, ada beberapa yang paling sering diajukan. Untuk mengetahui apa saja pertanyaannya maka kamu bisa menyimak pembahasan di bawah mengenai pertanyaan ini paling sering ditanyakan saat interview kerja, antara lain:

1. Ceritakanlah Tentang Dirimu

Dengan adanya pertanyaan tersebut maka jadi kesempatan untuk kamu menjelaskan siapa kamu dan apa yang membuat kamu cocok dengan posisi yang dilamar. Cobalah jelaskan mulai dari nama, background pendidikan, pengalaman berorganisasi, pengalaman kerja, dan apa kemampuan yang kamu miliki sesuai dengan posisi tersebut.

Hindari pemberian informasi pribadi yang terlalu banyak seperti berat badan, tinggi badan, alamat, jumlah saudara kandung, tempat tanggal lahir, dan sebagainya.

2. Apa Kelebihan yang Kamu Miliki?

Setiap orang pastinya memiliki kelebihan, termasuk kamu. Pertanyaan ini paling sering ditanyakan saat interview kerja jadi pastikan kamu mengetahui skill atau kemampuan yang kamu miliki. Cocokan posisi yang dilamar dengan kelebihan yang kamu punya ya, bisa juga dengan menceritakan penerapan kelebihanmu dengan pengalaman kerja.

3. Apa yang Membuatmu Tertarik dengan Posisi ini?

Pertanyaan ini bisa kamu jawab dengan menyebutkan passion atau skill yang kamu miliki terhadap posisi yang ingin diisi.

4. Apa Kelemahan yang Kamu Miliki?

Selain kelebihan, setiap orang juga memiliki kekurangannya. Dengan melontarkan pertanyaan ini maka perekrut ingin mengetahui seberapa besar kamu mengenal diri sendiri. Untuk menjawab pertanyaan ini maka kamu bisa juga menyertakan cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir kekurangan tersebut. Hindari menyebutkan kekurangan yang jadi skill utama di pekerjaan yang kamu lamar.

5. Apa Saja Hall-hal yang Diketahui Tentang Perusahaan ini?

Perekrut ini mengetahui sebenarnya apakah kamu mengetahui tentang perusahaan yang dilamar? Lakukanlah riset terlebih dahulu sebelum kamu melamar suatu pekerjaan. Ambillah hal positif yang ada di perusahaan tersebut.

6. Apa Alasan Kami Harus Menerima Kamu Bekerja di Perusahaan ini?

Kamu bisa menjawab dengan menjelaskan skill yang kamu punya. Hndarilah jawaban-jawaban yang sifatnya non formal seperti "karena saya butuh yang", "karena gajinya besar", atau bahkan "karena saya sudah melamar ke perusahaan lain namun belum diterima".

7. Rencanamu dalam 5 Tahun ke Depan Apa?

Pertanyaan ini paling sering ditanyakan saat interview kerja, jadi kamu harus mengetahui rencanamu dalam 5 tahun ke depan sehingga perusahaan bisa mengetahui apa goals kamu telah sesuai dengan penawaran perusahaan. Berikanlah jawaban mengenai goals kamu yang lebih jelas dan spesifik.

8. Apa Kontribusi yang Bisa Kamu Berikan untuk Perusahaan?

Ceritakanlah pencapaian apa saja yang sudah kamu dapatkan sebelumnya serta apa saja cara yang kamu lakukan untuk mencapainya. Kemudian kamu bisa menghubungkannya dengan posisi yang dilamar.

9. Mengapa Berhenti dari Perusahaan Sebelumnya?

Jika sebelumnya kamu pernah bekerja di perusahaan tertentu, maka hindari menjawab dengan hal-hal negatif di perusahaan sebelumnya. Jangan lupa berikan jawaban yang profesional ya.

10. Apa Cara yang Dilakukan untuk Menghadapi Tekanan atau Stress?

Setiap pekerjaan pastinya memiliki tekanan dan tiap orang pasti memiliki cara yang berbeda-beda dalam menghadapi tekanan itu. Kamu harus menjawab dengan jujur mengenai apa saja cara yang diperlukan untuk mengatasi stress. Bahkan kamu juga bisa menceritakan mengenai pengalaman dalam memanajemen stress yang berhasil.

11. Berapa Gaji yang Kamu Inginkan?

Jika kamu fresh graduate sebaiknya riset mengenai kisaran gaji di posisi yang sama sesuai daerah perusahaan. Sesuaikanlah hasil riset dengan kemampuan yang kamu miliki.

12. Kapan Bisa Bergabung dengan Perusahaan?

Mengenai pertanyaan ini paling sering ditanyakan saat interview kerja memang harus disesuaikan dengan kondisi kamu, namun lebih cepat bergabung maka akan lebih baik.

13. Apakah Sebelumnya Melamar di Perusahaan Lain?

Jawablah dengan jujur namun sebaiknya jangan terlalu detail ya seperti menyebutkan nama perusahaan dan gaji yang diminta.

14. Lingkungan Kerja yang Kamu Inginkan Seperti Apa?

Pelajarilah budaya di perusahaan yang kamu lamar terlebih dahulu, kemudian kamu bisa menyesuaikannya dengan lingkungan kerja yang diinginkan.

15. Apakah Ada yang Ingin Ditanyakan?

Usahakanlah terjadinya komunikasi dua arah dengan cara menanyakan apa hal-hal yang ingin kamu ketahui. Misalnya dengan menanyakan tahapan rekrutmen setelah interview atau kapan bisa mendapatkan hasil dari interview ini.

Post a Comment for "Pertanyaan ini Paling Sering Ditanyakan Saat Interview Kerja"