Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara dan Tips Biar Bisa Tembus FYP di TikTok

Ada banyak sekali media sosial yang bisa kita jumpai sekarang ini. Ada beberapa media sosial yang paling populer, salah satunya adalah TikTok. TikTok sendiri merupakan aplikasi media sosial yang memungkinkan para penggunanya untuk mengunggah konten berupa video pendek.

TikTok ini sebenarnya sempat dianggap sebagai aplikasi alay, namun siapa sangka anggapan tersebut kini berbalik karena beberapa tahun belakangan ini semakin banyak yang menggemari TikTok. Bahkan kini sudah ada TikTok Shop sehingga para pengguna TikTok bisa berbelanja berbagai kebutuhannya di TikTok Shop tersebut.

Apa itu FYP TikTok?

Bagi kamu yang memiliki akun TikTok dan sering menggunakannya maka sudah pasti mengetahui tentang FYP TikTok. FYP sendiri merupakan singkatan dari For You Page, sehingga bisa dikatakan sebagai halaman rekomendasi yang ada di aplikasi TikTok. Pada saat kita membuka aplikasi TikTok maka halaman rekomendasi yang berisikan beragam video ini akan muncul pertama kali.

Jika video yang kamu buat masuk FYP maka bisa jadi viral di TikTok. Karena hal tersebutlah banyak orang yang ingin videonya masuk FYP TikTok.

Cara dan Tips Biar Bisa Tembus FYP di TikTok

Tentunya video yang masuk FYP ini sangatlah diperlukan, terutama untuk kamu yang ingin menjadi creator TikTok atau seleb TikTok. Karena dengan viralnya video di FYP maka followers kamu pun akan bertambah.

Ada beberapa cara dan tips biar bisa tembus FYP di TikTok yang bisa kamu terapkan, antara lain sebagai berikut ini:

1. Upload Video saat Prime Time

Jangan asal dalam mengunggah video TikTok, ada jam-jam tertentu pengguna TikTok sedang aktif-aktifnya. Kamu bisa mengunggah video TikTok ketika jadwal sedang ramai. Untuk jam ramainya sendiri yaitu: 

  • Siang 12.00 - 13.00 WIB
  • Sore 16.00 - 17.00 WIB
  • Malam 19.00 - 23.00 WIB

2. Berikan Caption Menarik

Banyak yang mengira caption bukanlah hal penting, padahal caption ini merupakan salah satu cara dan tips biar bisa tembus FYP di TikTok. Buatlah caption yang memang mewakili isi dari video TikTok yang kamu upload ya.

Kamu bisa menulis caption hingga 300 karakter dan manfaatkanlah sebaik mungkin untuk bisa membuat caption yang menarik. Caption juga berfungsi sebagai media untuk berkomunikasi antara kamu dengan viewers.

3. Konten yang Meningkatkan Engagement

Enggagement antara kamu dan followers sangatlah penting. Buatlah konten video yang bisa meningkatkan enggagement, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kualitas video yang dibuat. Konten unik, lucu, original, dan menarik memberikan value sendiri. Followers juga akan merasa bahagia dan berkenan untuk memberikan feedback di kontenmu sehingga dapat meningkatkan ranking.

4. Kolaborasi dengan Kreator Lain

Cara ini terbilang ampuh agar konten video bisa masuk FYP. Kamu bisa coba berkolaborasi dengan kreator TikTok lainnya sehingga meningkatkan exposure dari konten yang dibuat. Komentar dan feedback juga akan semakin banyak didapatkan.

5. Ikuti Tren dan Challenge

Setiap beberapa waktu akan muncul tren dan juga challenge terbaru, nah kamu bisa memanfaatkan tren serta challenge tersebut. Ada banyak sekali tantangan unik yang bisa kamu lakukan, pastikan tantangan atau challenge yang diikuti adalah yang paling update atau yang sedang viral belakangan ini.

6. Gunakan Backsound Populer

Konten video tanpa backsound memang seperti terasa ada yang kurang ya. Namun jangan asal menggunakan backsound karena sebaiknya pilihlah backsound yang sedang tren dan cocok dengan konten yang kamu buat.

7. Pakai Hashtag

Gunakan hashtag yang relevan dan sedang trending sebanyak-banyaknya. Dengan adanya hashtag ini maka akan membantu para pengguna TikTok untuk menemukan konten yang diinginkan. Hashtag yang bisa kamu sertakan seperti #foryou, #FYP ataupun #foryoupage.

8. Berinteraksi dengan Pengguna TikTok Lain

Kamu bisa berinteraksi dengan pengguna TikTok lainnya dengann memberikan komentar di beberapa video pengguna TikTok lain yang muncul di FYP, melakukan live streaming, mengadakan giveaway, dan lain sebagainya.

9. Pilih Durasi Video Paling Pendek

Sebagian besar pengguna TikTok memang lebih menyukai konten dengan durasi singkat sehingga mereka tidak perlu melakukan swipe atau menunggu lama. Buatlah video dengan durasi singkat namun isi dari video tersebut tetap tersampaikan. Video yang singkat, padat, dan jelas adalah kunci utama dari video TikTok yang berkualitas.

10. Follow Akun-Akun Centang (Verified)

Cara dan tips biar bisa tembus FYP di TikTok yang terakhir yaitu dengan mengikuti atau follow akun-akun centang (verified) yang bisa saja memungkinkan kamu untuk di-follow juga oleh akun tersebut sehingga akun TikTok kamu pun jadi semakin populer.

Memang tidak mudah untuk bisa menembus FYP apalagi jika akun TikTok kamu masih baru. Namun dengan usaha yang terus dilakukan serta menerapkan cara dan tips biar bisa tembus FYP di TikTok di atas bukanlah hal mustahil bahwa konten dapat masuk FYP.

Post a Comment for "Cara dan Tips Biar Bisa Tembus FYP di TikTok"